"DEKLARASI PEMBERANTASAN HAMA TERPADU"

Kamis, 31 Oktober 2013 08:13:34 - Oleh : Kecamatan Nanggulan

Upacara Hari Pahlawan

MONEV HKG PKK KKBPK KESEHATAN Th 2017 Tingkat propinsi DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

Peringatan Sumpah Pemuda

Bedah Rumah

Galadesa

 

Deklarasi PHT (Pemberantasan Hama Terpadu) dilaksanakan pada hari Senin tanggal 28 Oktober 2013 di Pedukuhan Bejaten Jatisarono Nanggulan Kulon Progo. Dengan deklarasi tersebut diharapkan penerapan PHT dapat dilaksanakan secara meluas dan berkelanjutan. Perlu adanya dukungan dari para petani, petugas, pemerintah, pengusaha dan masyarakat dalam pemasyarakatan dan penerapan PHT. Dan juga diperlukan adanya kelembagaan di tingkat petani dan jaringan petani yang makin kuat, sehingga mampu mendorong terwujudnya "Kecamatan PHT".

Adapun tujuan dari Kecamatan PHT adalah mendorong terwujudnya kecamatan PHT dengan sasaran terlaksananya pengendalian OPT yang berdampak pada penurunan luas serangan OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) hingga taraf tidak merugikan secara ekonomi dan ekologi. Juga terlaksananya pertanian berkelanjutan untuk kesejahteraan petani dan masyarakat.

Untuk mewujudkan kecamatan PHT antara lain dengan adanya kegiatan-kegiatan untuk penurunan luas serangan OPT seperti pemetaan masalah dan penanganan masalah OPT, meningkatkan koordinasi pihak terkait dalam pengendalian OPT, adanya gerakan pengendalian OPT dan adanya evaluasi gerakan pengendalian, adanya pengembangan SDM, adanya kegiatan penguatan kelembagaan, adanya pengembangan jejaring usaha dalam memasarkan produk yang dihasilkan sehingga memberikan keuntungan secara ekonomi juga dengan adanya pendampingan study petani, pelestarian dan pemanfaatan musuh alami, agensia hayati dan pestisida nabati dalam pengendalian OPT.

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak