Belajar Tentang Sistim Pengendalian Interen Pemerintah (SPIP)

Apa itu SPIP? Menurut PP Nomor 60 Tahun 2008, SPIP adalah “Proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan”.

Unsur-unsur SPIP sesuai PP Nomor 60 Tahun 2008 :

  1. Lingkungan Pengendalian

Penyelenggaraan unsur lingkungan pengendalian yang baik akan meningkatkan suasana lingkungan yang nyaman dan akan menimbulkan kepedulian dan keikutsertaan seluruh pegawai.

Lingkungan pengendalian terdiri dari 8 sub unsur: pertama, pembangunan integritas dan nilai etika organisasi, maksudnya agar seluruh pegawai mengetahui aturan untuk berintegritas yang baik dan melaksanakan kegiatannya dengan sepenuh hati berlandaskan nilai etika yang berlaku. Kedua, Komitmen, maksudnya dibuatkannya pernyataan bersama untuk melaksanakan integritas dan nilai etika dalam bentuk Pakta Integritas.

Ketiga, Kepemimpinan yang kondusif, dimaksudkan sebagai pemberi teladan untuk dituruti

Keempat, Struktur organisasi perlu dirancang sesuai dengan kebutuhan

Kelima, Pemberian tugas dan tanggung jawab kepada pegawai dengan tepat

Keenam, Pembinaan sumber daya manusia

Ketujuh, Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) berperan secara efektif

Kedelapan, Menciptakan hubungan kerja sama yang baik diantara instansi pemerintah yang terkait

  1. Penilaian Risiko

Penilaian risiko merupakan kewajiban pimpinan untuk menyelenggarakan penilaian risiko diinstansinya.

Sub unsur penilaian risiko terdiri dari: Pertama, Identifikasi risiko atas risiko intern dan ekstern yang dapat mempengaruhi keberhasilan pencapaian tujuan.  Kedua, Analisis Risiko yang memiliki probability kejadian dan dampak yang sangat tinggi sampai dengan risiko yang sangat rendah.

  1. Kegiatan Pengendalian

Kegiatan pengendalian dimaksudkan untuk merespon risiko yang dimiliki instansi pemerintah dan memastikan bahwa respon tersebut efektif.

  1. Informasi dan Komunikasi

Seluruh penyelenggaraan unsur SPIP harus dilaporkan dan dikomunikasikan.

  1. Pemantauan Pengendalian Intern

Pemantauan hendaknya dlakukan secara terus menerus guna perbaikan yang berkesinambungan

Kelima unsur  pengendalian intern tersebut merupakan unsur yang terjalin erat satu dengan yang lainnya, proses pengendalian menyatu pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai. Oleh karena itu, yang menjadi fondasi dari pengendalian adalah orang-orang (SDM) di dalam organisasi yang membentuk lingkungan pengendalian yang baik dalam mencapai sasaran dan tujuan yang ingin dicapai OPD.

 

 

Sudiatmini, S.IP

Kepala Sub Bagian Keuangan

Sekretariat Kecamatan Nanggulan