58 Lurah dan 29 Pejabat Lurah di Kulon progo Telah di Lantik di Kepatihan

Be-nang;

Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo Senin, (27/1/2020) melantik 58 Lurah dan 29 Pejabat Lurah se Kabupaten Kulon Progo, acara pelantikan berlangsung di Gedung Pracimasana, Kepatihan Kantor Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.

" Penataan kelembagaan Pemerintah Kalurahan ini merupakan pelaksanaan Peraturan Daerah Istimewa (Perdais) Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kelembagaan Pemerintah Daerah DIY."

 Bupati Kulon progo menambahkan untuk menwujudkan visi dan misi Pemerintah Daerah dan terselenggaranya urusan keistimewaan DIY, maka kelembagaan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan Pemerintah Desa harus selaras dengan Perangkat Daerah.

Sementara Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, saat pengukuhan di Bangsal Kepatihan, mengungkapkan Kabupaten Kulon Progo adalah Kabupaten yang paling siap dalam penerapan kelembagaan kelurahan ini. Dimana selain sebagai pengelola dana desa kelurahan juga ditambah tugas dan fungsinya dalam urusan kebudayaan, pertanahan, dan tata ruang.

“ Dengan dasar filosofi Hamemayu Hayuning Bawana maka grand design kebudayaan DIY ditujukan untuk mewujudkan kesejahteraan manusia yang berkehidupan tertib dan damai,” tambah Pak Gubernur. 

Di Nanggulan, semula Kecamatan Nanggulan, kini masyarakat sudah familiar dengan sebutan "Kapanewon Nanggulan", begitu juga yang awalnya  Desa sekarang menjadi "Kalurahan".