Peci Motif Geblek Renteng Asli Produk Nanggulan

 

Be-nang;

Kapanewon Nanggulan memiliki potensi dalam usaha UMKM, tidk hanya kerajinan yang berbahan baku enceng, pandan maupun rami atau sejenisnya, tetapi Nanggulan juga memiliki usaha songkok atau peci yang sudah produksi lebih dari enam tahun, dengan pemasaran di seluruh wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, namun di tengah tengah pandemi Covid-19 ini pendapatan turun drastis.

"Saya memulai usaha ini sudah enam tahun yang lalu, dan saya pasarkan di wilayah DIY, tapi dengan adanya pandemi covid 19, produksi kami mengalami penurunan drastis, kata Sarbini pengusaha peci geblek renteng.

Pak Sarbini menambahkan atas saran Pak Hasto sewaktu menjabat Bupati, agar ada inovasi baru yakni memproduksi Peci bermotif geblek, enam bulan lalu mulailah memproduksi peci dengan motif geblek dengan merk dagang "MULIA" dan diproduksi di Pedukuhan Lengkong, Kalurahan Donomulyo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo.

Sementara Bupati Kulon Progo Sutedjo dalam acara promosi awal peci motif geblek bersama Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kulon Progo Iffah Mufidati, Panewu Nanggulan Duana Heru S, Danramil juga Kapolsek Nanggulan di Balai Kalurahan Donomulyo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo.

"Salut di Nanggulan ada produk songkok atau peci, saya mengapresiasi, ini wujud bela beli Kulon Progo, untuk itu mari kita gunakan produk kita sendiri," kata Pak Bupati.