NANGGULAN MELAKUKAN PEMBENTUKAN FORUM BADAN PERMUSYAWARATAN KALURAHAN TINGKAT KAPANEWON

Be-nang;

Kamis, 1 Oktober 2020 bertempat di Pendopo Kapanewon Nanggulan, dilaksanakan Pembentukan Forum Komunikasi Badan Pemusyawaratan Kalurahan ( BPK ), dihadiri oleh Perwakilan Anggota BPK se Kapanewon Nanggulan. Hadir dalam kegiatan tersebut Panewu Nanggulan dan Jajaran BPK se Kapanewon Nanggulan. Dalam sambutannya Panewu Nanggulan Ir. ST. HARYOTO, MMA.  mengucapkan terima kasih atas inisiatif Pembentukan Forum Badan Permusyawaratan Kalurahan.  Karena ketugasan BPK ke depan semakin  berat sebagai mitra dari Pemerintah Kalurahan, maka BPK harus bisa mengemban tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan regulasi yang ada.

Dalam laporannya Kepala Jawatan Praja Kapanewon Nanggulan, Kirmadi, SIP.menyampaikan bahwa dasar hukum dari pembentukan BPK yaitu : Permendagri Nomor 10 tahun 2016 tentang BPD, Perda Kulon Progo Nomor 110 tahun 2018 tentang BPD, Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 16 Tahun 2019 tentang Tatacara Pengisian, peresmian, pemberhentian dan pergantian antar waktu keanggotaan BPD dan Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 20 Tahun 2020 tentang Pedoman Tata Kerja Badan Permusyawaratan Kalurahan. Adapun tujuan dari Pembentukan Forum BPK ini sebagai berikut : mempertegas peran BPK dalam penyelenggaraan Pemerintahan Kalurahan; mendorong BPK agar mampu menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat  Kalurahan; dan  mendorong BPK dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di Kalurahan.

Selain hal tersbut BPK juga mempunyai peran sebagai berikut : membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan  Kalurahan bersama  Lurah; menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat   Kalurahan; dan melakukan pengawasan kinerja Lurah.  Mengingat peran dan fungsi BPK yang sangat strategis maka diperlukan pembekalan teknis agar BPK dapat menjalankan peran dan ketugasan secara optimal, efisien dan efektif. Demikian disampaikan Kirmadi, SIP. Selaku Kepala Jawatan Praja.

Dalam acara tersebut telah disepakati dan terbentuk Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Kalurahan Kapanewon Nanggulan dengan kepengurusan sebagai berikut :

Ketua Umum

R. ANTON SUTOPO

BPK Kembang

Ketua Harian

AMIR MAHMUDI, SE

BPK Wijimulyo

Sekretaris 1

NUGROHO TRI WIBOWO, SPd.

BPK Donomulyo

Sekretris II

Dedi Hartono, SPd.

BPK Wijimulyo

Bendahara I

ANTO DWI PRAYITNO

BPK Tanjungharjo

Bendahara II

HARYANA

BPK Banyuroto

Bidang Humas I

ARIF BUDI SANTOSO, SE.

BPK Jatisarono

Bidang Humas II

ABDUL BASYIR, SPd.

BPK Donomulyo

Bidang Hukum I

ALI MUSADAD

BPK Kembang

Bidang Hukum II

SUKIRNO, SPd.MPd.

BPK Wijimulyo

 

 Dalam waktu dekat akan diadakan pertemuan lagi sekaligus menyerahkan Keputusan Panewu Nanggulan tentang Pembentukan Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Kalurahan. Dan diharapkan segera menyusun program-program strategis untuk memajukan tata kelola pemerintahan di Kalurahan masing-masing.-(krmd)