Pengajian Rutin ASN Kapanewon Nanggulan

Be-nang;

Rabu (21/10) Kegiatan pengajian aparat tingkat Kapanewon Nanggulan  dilaksanakan di instansi/ kalurahan secara bergilir. Yang pelaksanaannya di Hari Rabu minggu ke tiga.

Dalam kesempatan ini, Pengajian aparat bertempat di Pendopo Kantor Kapanewon Nanggulan, Pengajian seperti biasa didahului dengan pembacaan ayat suci Alquran diikuti para hadirin yang beragama Islam. Panewu Nanggulan dalam sambutanya, Pengajian yang dilaksanakan rutin setiap bulannya merupakan sarana ajang silaturahmi para aparat di lingkup Kapanewon Nanggulan, agar bisa menjalankan tugas masing-masing secara serasi selaras dan seimbang menurut tugas pokok dan fungsi masing-masing. Kegiatan Pengajian dan kegiatan sejenisnya di masa pandemi covid-19 ini harus bisa menerapkan protokol kesehatan yang tepat dan benar agar penularan virus covid-19 dapat dicegah dengan cara tersebut.

Mauidoh hasanah disampaiakan Ustad Jazari, S.Ag dari KUA Girimulyo: dengan tema “ Menghadirkan Rosulullah dalam kehidupan sehari-hari” Sebentar lagi akan kita peringati Maulud Nabi Muhammad SAW, dalam momen tersebut tersebut kita bisa mentauladani sifat-sifat nabi Muhammad SAW yang dapat diterapkan minimal dalam kehidupan bermasyarakat dan dalam lingkungan kerja. Sosok Nabi yang dikisahkan punya sifat luhur akan semakin tertanam dalam diri kita dan terbawa hingga akhir hayat.

 Empat hal sifat terpuji Rasulullah yang bisa kita laksanakan pada kehidupan bermasyarakat dan di lingkungan kerja :

1). Shiddiq (Jujur) Jujur adalah sikap yang menyatakan sesuatu sesuai fakta. Kejujuran Nabi Muhammad SAW sangat terkenal tidak hanya di kalangan para sahabatnya, tapi juga para musuhnya. Ali R.A meriwayatkan bahwa Abu Jahal berkata kepada Rasululullah SAW, ”Kami tidak mengatakan engkau dusta. Namun, kami menganggap dusta ajaran yang engkau bawa.” Beliau selalu jujur dalam perkataan dan perbuatan benar.

2.) Amanah (Dapat Dipercaya) Amanah atau dapat dipercaya merupakan sifat baik yang dimiliki Rasulullah, yakni bila suatu urusan dipercayakan kepadanya maka dia akan melaksanakan urusan tersebut dengan sebaik-baiknya. Rasulullah SAW diberi amanah untuk menyampaikan ajaran Islam kepada umat manusia dan melaksanakan tugas itu dengan tak gentar. Anda dapat menyampaikan contoh sederhana pada si kecil, seperti jika ia berjanji pada teman, orang tua, saudara, atau orang yang tak disukainya, harus tetap menepati janji. Jika mengingkari, berarti ia bukan orang yang bisa dipercaya.

3). Tabligh (Menyampaikan) Rasulullah menerima ajaran dari Allah SWT, berupa wahyu kepada umat manusia agar menjadi pedoman hidup. Bahkan sampai hal terkecil sekalipun Ia sampaikan, agar manusia tidak tersesat. Kita bisa menerapkan pada kehidupan sehari-hari dengan hal sederhana. Misalnya ketika kita diberikan kepercayaan untuk menitipkan sesuatu pada teman maka kita harus benar-benar memberikannya.

4). Fathonah (Cerdas) Rasul dikenal sebagai orang yang cerdas, pandai, arif, dan bijaksana dalam mengambil keputusan.