SDGs Mendata Semua Warga

Be-Nang : 22-04-2021. Data/informasi penting bagi sebuah pengambilan kebijakan. Kebijakan akan tepat apabila didukung oleh informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang memenuhi kriteria: tepat, lengkap, terbaru, relevan dan mudah diakses, Berbagai program pengambilan dan penyajian informasi dilakukan oleh pemerintah dengan tujuan masing-masing.

Sustainable Development Goals yang disingkat SDGs merupakan program dari Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dengan mendata kalurahan pada seluruh RT, seluruh kepala keluarga dan seluruh warga. Kegiatan ini diperintahkan pada bulan Maret dan harus selesai pada akhir Mei 2021.

Sehubungan dengan belum teranggarkannya kegiatan ini di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Kalurahan (APBKal), maka perlu dilakukan perubahan APBKal. Guna mengkoordinasikan hal tersebut, Panewu Nanggulan Ir. St. Haryoto, MMA mengumpulkan seluruh carik dan pendamping desa untuk melaksanakan koordinasi persiaapan perubahan APBKal yang didampingi oleh Panewu Anom, Kawat Kemakmuran dan Kawat Praja. Koordinasi juga dihadiri oleh Tenaga Ahli Pendamping Kabupaten Kulon Progo yang memberikan petunjuk teknis pelaksanaan SDGs.

Kegiatan tersebut akan melibatkan masyarakat yang akan diwadahi dalam Kelompok Kerja (Pokja) Relawan yang pembinanya adalah Lurah, ketuanya Carik, Sekretarisnya Ulu-Ulu dan anggota. Anggota relawan bisa dari pamong, pengurus RT ataupun masyarakat dengan kriteria: memiliki HP android 5 dengan RAM minimal 3 GB dan memori 64 GB, dan bisa mengoperasikan aplikasi yang berbasis android tersebut.

Hasil koordinasi akan dijadikan bahan koordinasi di kalurahan dalam menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) kegiatan, serta menentukan kegiatan apa saja yang harus dihapus atau dikurangi untuk melaksanakan kegiatan yang merupakan prioritas penggunaan Dana Desa tersebut.